Aspek pemasaran dalam studi kelayakan bisnis

Aspek pemasaran dalam studi kelayakan bisnis

1531
0
SHARE
Aspek pemasaran dalam studi kelayakan bisnis
Aspek pemasaran dalam studi kelayakan bisnis

Radarjawa.com– Aspek pemasaran dalam studi kelayakan bisnis. Sebelum kita memulai sebuah bisnis langkah kedua setelah kita memiliki gagasan sebuah usaha yaitu dengan melakukan analisis mengenai Aspek pemasaran dalam studi kelayakan bisnis. Analisis pemasaran dapat dilakukan dengan melakukan Analisis peluang pasar dan analisis pesaing.

Point penting yang perlu kita fahami dalam penyusunan studi kelayakan bisnis yaitu pada Aspek pemasaran terkait dengan studi kelayakan bisnis itu sendiri. Dimana Analisis permintaan pasar sangat diperlukan karna merupakan dasar kita dalam mengambil keputusan untuk melakukan produksi terhadap kriteria produk dan penyediaan kapasitas jumlah produksi.

Pentingnya studi mengenai Aspek Pasar diperlukan untuk mengetahui estimasi besarnya permintaan terhadap produk yang akan disediakan dan memposisikan produk yang tepat saat dipasarkan sehingga dari segi aspek pemasaran bisa berjalan lancar dan bisnis bisa berkelanjutan.

Beberapa Aspek pasar yang bisa kita analisa meliputi permintaan pasar terhadap produk, analisis terhadap tingkat persaingan dan analisis bagaimana strategi pesaing dalam memasarkan produknya, sehingga bisa dirancang produk dan metode pemasaran yang bisa memenangkan persaingan dan mampu merebut peluang pasar yang lebih baik.

Disamping dapat mempertimbangkan mengenai tingkat permintaan hal yang terpenting lainnya yaitu dari analisis pasar kita bisa juga melakukan analisis terhadap penawaran dan program pemasaran yang akan diterapkan.

Untuk melakukan penelitian mengenai Aspek Pasar perlu dilakukan studi secara informal atau secara formal. Penelitian secara informal bisa kita lakukan dengan melakukan tes pasar di rencana lokasi yang akan kita pilih sebagai tempat pemasaran tersebut.

Langkah yang bisa dilakukan salah satunya dengan menyebar brosur atau spanduk untuk mengenalkan produk yang kita jual. Dari spanduk dan brosur yang disebar dapat diketahui respon pasar terhadap produk yang akan ditawarkan sehingga mampu mengambil keputusan.

Memperkirakan Permintaan di Masa yang Akan Datang

Perkiraan terhadap permintaan pasar di masa yang akan datang dapat dilakukan dengan melihat dan mempelajari kondisi permintaan pasar hari ini. dan melakukan analisis anggaran ditahun depan dengan acuan data tahun sebelumnya atau tahun yang sudah jalan.

Penelitian Pasar

Penelitian formal dilakukan dengan mencari data-data penjualan produk sejenis sesuai dengan pangsa pasar yang dituju.

Perencanaan Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran yang dirancang harus meliputi semua faktor yang berhubungan dengan produk, seperti kondisi pasar pada saat ini, analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Treaty) atau analisa mengenai kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, strategi promosi, strategi perolehan laba dan pengendalian.

Strategi pemasaran diperlukan untuk mengetahui cara yang paling cocok untuk memasarkan produk kita. Strategi pemasaran yang tepat menjamin kesuksesan bisnis yang sudah dijalankan.

Strategi pemasaran pada dasarnya tergantung pada segmentasi pasar yang dituju. Produk yang dirancang untuk kalangan orang-orang kaya seharusnya berbeda cara pemasarannya dengan produk yang dirancang untuk kalangan menengah ke bawah. Produk untuk kalangan menengah ke atas biasanya dilakukan dengan mengadakan pameran.

Secara singkat dan simpelnya dapat dibuat bahwa penelitian mengenai Aspek Pasar menyangkut hal-hal sebagai berikut:

  • Pasar potensial
  • Segmentasi pasar
  • Analisa pesaing

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY