Beternak Lele Sangkuriang dengan omzet Ratusan Juta

Beternak Lele Sangkuriang dengan omzet Ratusan Juta

518
0
SHARE
Beternak Lele Sangkuriang
Beternak Lele Sangkuriang

Radarjawa.com- Beternak Lele Sangkuriang dengan omzet Ratusan Juta .
SaLahsatu karakter yang harus dimiliki seorang wirausaha yang sukses adalah pantang menyerah dan tak takut pada kegagalan. Hal tersebut yang mengantarka Fauzan Hangriawan menjadi pengusaha lele sangkuriang di Jakarta yang sangat sukses.

Fauzan yang telah membangun Sylva Farm dengan modal yang tak begitu besar namun kini sudah mampu meraup keuntungan ratusan juta dalam sebulannya. Dengan usianya yang masih tergolong muda dia mampu menjadi seorang pebisnis sukses karna memang dari sejak smp dia sudah suka menjalankan bisnis di Lampung saat itu.

Setelah dia menginjak ke bangku sma dia memberanikan diri membuka bisnis sendiri. Mulai dari berjualan sepatu, kuliner, hingga usaha percetakan, semua sudah dijalaninya namun, bisnis itu tidak bertahan lama dan gagal. Meski begitu dia tidak jera untuk memulai bisnis lainnya.

dilangsir dari tribun Pria lulusan Fakultas Hukum Universitas Atmajaya, Jakarta, ini kembali mencoba bisnis baru yang belum pernah digeluti sebelumnya, yakni membudidayakan lele pada tahun 2009 meski pengetahuannya dia tentang budidaya lele sangat terbatas.

Beternak Lele Sangkuriang itu dia memulainya dengan menggunakan modal Rp 1,5 juta, dia membelanjakan 1.000 bibit lele dumbo, pakan lele, dan terpal untuk pembuatan kolam di belakang rumahnya. Karna belum tahu banyak soal budidaya lele,banyak lele yang mati.Namun dengan kesabarannya, selang tiga bulan dia berhasil menikmati hasil panen pertamanya sebanyak 40 kg lele. Dengan hasil yang menggiurkan Fauzan memutuskan untuk serius menggeluti budidaya lele sangkuriang tersebut dengan belajar lebih mendalam soal budidaya ikan lele sangkuriang.

Lele sangkuriang merupakan varietas yang unggul hasil riset pemerintah pun menyebutkan, masa panen jenis lele ini lebih cepat, yakni hanya dua bulan dan daya tahan terhadap penyakit dan perubahan suhu pun lebih baik dibandingkan jenis lain.

Dengan mempekerjakan delapan karyawan dalam Beternak Lele Sangkuriang, dia juga bermitra dengan 30 petani binaan di Jakarta dan Bogor melalui sistem kolam plasma. “Saya mendampingi mereka, sehingga hasil panen bisa maksimal, ujarnya.

Saat ini dalam jangka waktu sebulan, Sylva Farm bisa memproduksi 600.000 ekor bibit lele. Harga bibit ditentukan berdasar ukuran. Misal, bibit berukuran 5-6 centimeter (cm) dibanderol Rp 160 per bibit. Sementara, bibit ukuran 7-8 cm dijual Rp 200 per bibit.

Tak hanya itu,  dalam usahanya Beternak Lele Sangkuriang tiap hari, Fauzan juga memproduksi 3-  4 kuintal lele berukuran siap konsumsi seharga Rp 17.000 per kilogram. Dalam setiap bulan dia bisa mengantongi omzet sekitar Rp 200 juta. Pelanggannya tak hanya tersebar di wilayah Indonesia, tapi juga dari Bangladesh dan Malaysia.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY